Halaman Saya~

6/01/2011

Bumi nangis :'(

Bumi nangis. Kita nakalin dia. Rambutnya digundulin, atmosfernya dibolongin. Sakit kan. Bukannya minta maaf malah nambah. Ayo minta maaf! Buat Bumi ga nangis lagi! :D

berikut 12 cara buat ngurangi global warming :

  1. Setiap tahun 1jt makhluk laut mati akibat makan kantong plastik yang dibuang ke laut. Kalo kantong plastiknya dibakar, asapnya bikin polusi. Kalo dikubur, butuh waktu jutaan tahun buat terurai di tanah. Gimana donk? Bawa tas sendiri aja yang bisa digunakan kembali. Ini bisa ngurangi 25 emisi CO2.
  2. Buat yang suka mandi berendam, pake shower aja (dengan aliran rendah tentunya). Jadi ga banyak air yang kebuang. Kalo gitu, kita sama aja nghemat air buat 1000 cangkir teh.
  3. Kalo ga dipake ya di off aja. Satu tombol ini bisa ngurangi CO2 sebanyak 20kg buat tv, 44kg buat DVD player, 66kg buat stereo set, dan 9 kg buat komputer setiap tahunnya.
  4. Limbah rumah paling banyak dari dapur dan halaman. Kulit buah dan sisa kupasan sayuran kan bisa buat kompos. Selain ngurangi limbah rumah bisa buat nyuburin pohon tercinta.
  5. Beli produk impor berarti nyumbang CO2 yang dibuang pesawat atau kapal yang ngangkut produk itu. Beli produk dalam negeri aja! Kualitasnya ga kalah sama yang impor kok. Selain ngurangi CO2 juga nambah devisa negara. Kalo negaranya kaya masyarakatnya juga seneng kan?
  6. Habis minum minuman kaleng jangan langsung dibuang. Di daur ulang dulu. Kan bisa jadi celengan, atau hiasan jendela, malah ada yang jadi sepatu. Ngdaur ulang kaleng bisa nghemat energi buat nonton tv 3 jam lho.
  7. Botol minuman (dari kaca) juga. Misal botol bir, botol obat. Satu botol kalo didaur ulang bisa nghemat energi buat nyalain lampu 100 watt selama 4 jam + mencegah lepasnya 0,5 kg CO2 ke udara.
  8. Kalo udah make kedua sisi kertas, jangan langsung dibuang! Bawa dulu ke pusat daur ulang atau daur ulang sendiri. Setiap 1 ton kertas yg didaur ulang nyelametin 15 pohon ukurang sedang sama habitat dskitarnya.
  9. Hati-hati, banyak produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya buat bumi sama kamu. Kalo beli pilih yag tulisannya 'eco-friendly' a.k.a ramah lingkungan, 'bio-degradable' a.k.a bisa diuraikan dalam tanah, atau 'organik' a.k.a 100% tanpa bahan kimia.
  10. Komputer rata-rata make listrik 300 watt, kalo laptop cuma 45 watt. Bayangin berapa besar energi + biaya yang bisa disimpan.
  11. Kalo Bumi makin panas, air pastinya berkurang. Makannya mulai sekarang batasi pemakaian air. Kalo kamu gosok gigi, nghabisin 2,5 galon (10 liter) dalam 1 menit. Padahal air segitu bisa buat mandi 5 mnit.
  12. Kalo lagi naik mobil, matiin ac sama buka jendela pasti lebih irit!

dari berbagai sumber